Gunung Pundak

Gunung Pundak adalah gunung yang terletak di claket, kecamatan pacet kabupaten Mojokerto. Untuk bisa sampai ke Pos Perijinan Pendakian Gunung Pundak, dari Surabaya saya menuju ke arah pemandian air panas pacet. Sebelum pertigaan tanjakan terakhir ke pintu masuk pemandian air panas, ambil kiri lurus menuju ke claket. Sekitar 2Km akan ada gapura di kanan jalan, belok kanan dan lurus saja sampai melewati pos perijinan pertama. Setelah pos perijinan pertama yang tutup itu akan ada pos perijinan lagi, di pos ini sebenarnya kita bisa melakukan pendakian ke Gunung Pundak namun waktu tempuhnya mencapai 4 jam dan tidak ada sumber air. Jadi bilang saja mau mendaki gunung pundak lewat jalur atas, tiap orang akan dikenai tarif 5rb tanpa diberi karcis… saya yakin ini merupakan pungli.

Setelah pos pungli lanjutkan perjalanan naik ke atas sampai ada belokan ke kiri yang diberi portal, belok kiri dan naik ke jalan yang rusak itu. Pos perijinan pendakian gunung pundakada di sebelah kiri jalan, tempat parkir mobil dan motornya ada tepat didepan pos perijinan. Dahulu motor bisa dinaiki sampai agak atas lagi, namun sekarang semuanya harus dititipkan di Pos Perijinan Gunung Pundak ini.

Setelah menitipkan motor kami harus registrasi di Pos Perijinan, biaya per orang adalah 10.000 rupiah, ditambah retribusi motor 3rb. Disamping pos ini ada warung makan juga, kami beristirahat sejenak setelah melakukan perjalanan jauh dari Surabaya. Tidak lama kemudian turun hujan deras… Kami memutuskan menunda keberangkatan kami ke puncak gunung pundak hingga hujan terang.

Ternyata hujan baru terang dini hari, kami berencana untuk berangkat jam 4 pagi saja sehingga tidak usah membuka tenda. Kami beristirahat di dalam warung makan, membuka sleepingbag kemudian tidur. Karena saat itu adalah malam minggu, jadi semakin malam pos perijinan semakin ramai. Kami tidak bisa tidur dan akhirnya memesan kopi sambil bercerita dengan penjaga pos perijinan…

Akhirnya pagi datang juga, jam setengah 4 pagi kami mulai berjalan ke atas. Jalan berpaving menjadi tanda kami berada pada jalur yang tepat. Setelah itu kami melewati bangunan yang berfungsi sebagai kamar mandi, kemudian jalan menjadi setapak kembali. Tidak lama kemudian kami melewati pos 1 gunung pundak yang berupa bangunan … naik terus kemudian kami melewati pos 2 yang ada tandon airnya. Jarak dari pos 1 ke pos 2 sangat dekat… kami melanjutkan perjalanan tanpa beristirahat karena memang kami berjalan santai dengan medan yang tidak berat.

Pos 3 gunung pundak berada di daerah hutan bambu.. dari pos 3 menuju puncak gunung kami melewati 2 sungai kecil yang airnya sangat bersih dan dingin. Setelah melewati sungai kami naik ke atas lewat jalan terobosan, menurut teman kami yang sudah pernah kesini kami sedang salah jalan. Saat itu kami berputar putar di sabana kecil yang menurut saya mengarah ke gunung welirang. Akhirnya kami kembali ke sungai dan lewat jalur biasa..

Sebelum mencapai puncak kami melewati jalur zig zag yang lumayan melelahkan. Setelah jalur ini selesai kami melihat tiang tinggi bendera Indonesia yang menandakan puncak gunung pundak. Gunung ini ramai dikunjungi karena medan yang tidak sulit dan pemandangannya yang indah. Adanya sumber air di sepanjang jalur juga menambah nilai gunung pundak ini.

Puncak Gunung Pundak berupa tanah lapang yang mampu menampung banyak tenda. Pemandangan jalur gunung welirang via Claket tersaji didepan puncak ini. Puncak gunung welirang juga nampak gagah dengan asap belerang yang menyelimuti puncaknya. Total waktu perjalanan dari pos perijinan sampai ke puncak gunung pundak adalah 1,5 jam. Jika berjalan lebih santai lagi mungkin 2 jam. Meskipun tergolong gunung yang pendek dan cocok untuk pemula, persiapan sebelum pendakian tetap harus dilakukan. Sebelum mendaki gunung pundak sebaiknya mengajak teman yang sudah pernah atau banyak bertanya jalurnya di pos perijinan karena percabangan antara gunung pundak dan gunung welirang ada banyak.